Mari bijak pilih produk…

 Teliti sebelum membeli. Pastikan produk yang dibeli tercantum komposisinya. Saat ini banyak produk perawatan yang tidak mencantumkan komposisi, terutama produk online shop seperti krim yang hanya diberi kode misal Night1,Day1. Jika memang tertulis demikian,tanyakan komposisi secara lengkap untuk memastikan produk tersebut terbuat dari bahan yang aman. Kita patut waspada terutama produk impor dimana kondisi kulit orang Indonesia tentu berbeda dengan orang-orang di negara produk tersebut dibuat. Kita sebagai konsumen berhak tau komposisi yang ada di dalam produk tersebut, sehingga kita merasa aman dan tenang.

 Deterjen SLS atau biasa tertulis Sodium Laureth Sulfate, Sodium Lauryl Sulfate merupakan salah satu deterjen kuat untuk menghasilkan busa banyak dan mengangkat kotoran. Penggunaan setiap hari dapat menyebabkan kulit kering, iritasi bahkan pada kulit sensitif menimbulkan alergi karena kandungan minyak alami kulit juga ikut terangkat. Turunannya adalah Amonium Lauryl Sulfate atau Amonium Laureth Sulfate yang digunakan pada produk bayi, akan tetapi pada kulit yang sangat sensitifpun tetap membuat kulit kering dan iritasi. Produk Aquila bebas Deterjen SLS, sehingga dapat digunakan sehari-hari tanpa menimbulkan kulit kering. Sebagai pembersih kotoran kami gunakan Cocoamido propil betaine yang lembut digunakan sehari-hari yang bahan dasarnya berasal dari kelapa.

 Pengawet PARABEN merupakan pengawet yang paling umum digunakan pada industri farmasi karena daya tahan pengawetannya yang lama. Tapi tahukah Anda bahwa dalam penggunaan jangka panjang dapat memicu kanker (karsinogenik). Penggunaannya harus dibatasi terutama pada ibu hamil karena ada kecenderungan penggunaan pada ibu hamil dapat memicu kelainan reproduksi pada bayi laki-laki karena menyababkan ketidakstabilan hormone pada saat hamil dan dimungkinkan sebagai salah satu penyebab mutagenik (perubahan mutasi pada DNA janin laki-laki menjadi cenderung lebih feminim).  Pada produk Aquila yang terpaksa menggunakan pengawet, kami memilih kalium sorbat yang food grade dimana jauh lebih aman dibanding paraben, terutama bagi ibu hamil. Kalium sorbat juga dapat dikeluarkan oleh tubuh dan dapat diolah oleh lingkungan.

 Pewarna dapat meninggalkan sisa di kulit sehingga menghambat pori-pori dan kelenjar minyak. Akibatnya, jerawat dan kulit semakin kotor. Kami menggunakan pewarna dari herbal yang terkandung di dalam produk itu sendiri, misalnya berasal dari ekstrak Rosella menghasilkan warna merah, ekstrak cantella menghasilkan warna hijau.

 Pewangi pada produk wajah yang kami gunakan adalah murni essensial oil yang berasal dari tumbuhan sehingga tidak hanya member kesan wangi akan tetapi juga sekaligus menutrisi kulit secara alami. Ada bebera produk yang kami beri sedikit parfum karena banyaknya permintaan. Kami tetap selektif memilih bahan. Parfum yang kami gunakan merupakan parfum dengan standar International Fragrance Association, (bersertifikat bebas Ftalat) sehingga aman untuk digunakan pada produk kosmetik harian yang langsung diaplikasikan pada kulit dengan kadar di bawah 1%. Kami menyarankan untuk ibu hamil sebaiknya hindari penggunaan produk berpewangi terutama selama masa kehamilan trimester pertama (3bulan pertama). Bagaimanapun, walau secara teori aman untuk digunakan, kami tetap menyarankan untuk menghindari produk tertentu pada ibu hamil, terutama trimester pertama.

 Turunan Minyak Bumi diantaranya adalah Paraffin Wax (kandungan lilin yang dibakar), Parafin Liquid/ Mineral Oil, Careosin, Petroleum Jelly/Vaselin Alba (Putih)/Vaselin Flavum (Kuning) merupakan hasil sampingan dari pembuatan minyak bumi (bensin, solar, aspal). Umumnya digunakan dalam kosmetik dan dunia farmasi sebagai dasar atau zat pembawa karena murah. Memang tampaknya menutrisi kulit dalam waktu singkat ketika diaplikasikan kulit, tapi yang namanya racun sedikit sedikit ditumpuk dalam tubuh baru akan terasa efeknya jangka panjang. Diindikasikan sebagai karsinogen terutama pada kanker kulit, gangguan ginjal, penyebab psirioasis.